24.2 C
Garut
Sabtu, September 7, 2024

Buy now

Perbedaan Granit dan Keramik, Jangan Sampai Tertukar

Granit dan Keramik selama ini di tengah masyarakat sering disamakan, padahal keduanya berbeda.

Banyak orang yang tidak paham apa perbedaan antara granit dan keramik. Nah, oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas, apa saja perbedaan granit dan keramik.

Simak penjelasannya hingga tuntas, agar anda bisa membedakan mana yang dimaksud granit dan mana yang dimaksud keramik.

Berikut Ini Beberapa Perbedaan Antara Granit dan Keramik

Ada beberapa perbedaan antara granit dan keramik yang bisa kita gunakan untuk membedakannya. Berikut ini penjeasannya:

Daya Serap

Perbedaan pertama antara granit dan keramik adalah dari daya serapnya. Keramik mempunyai daya serap air di atas 0,5%. Hal ini membuat sebelum pemasangan, keramik harus direndam terlebih dahulu di dalam air untuk menghindari keramik popping atau terangkat.

Sementara untuk granit, mempunyai daya serap terhadap air di bawah 0,5%. Hal itu membuat granit bisa langsung dipasang tanpa harus direndam dulu.

Marerial

Granit dibuat menggunakan material dari batu alam yang sifatnya intrusif, felsik dan igneus. Material granit ini ditambang dan dibentuk dengan proses penekanan juga pembakaran dengan suhu sangat tinggi.

Sementara keramik, dibuat dari tanah lempung atau tanah silikat. Kemudian cara pembuatannya juga berbeda dengan granit, yaitu dengan cara dibakar kemudian dilapisi dengan bahan mengkilap atau glaze.

Permukaan

Jika dilihat dari permukaannya, keramik itu tidak terlalu rata karena penyebaran cairan glaze yang tidak merata. Sementara granit permukaannya lebih halus dan rata karena sudah melalui teknik pressing atau tekanan.

Window Frame

Window frame merupakan garis berwarna putih yang tidak tertutup warna di sekeliling pinggiran keramik. Window frame muncul akibat tahap pembuatan yang berbeda dengan granit.

Dalam granit anda tidak akan menemukannya dan karena window frame hanya ada pada keramik.

Cara Pembuatan

Cara pembuatan keramik diawali dengan proses pembentukan tanah liat atau tanah silikat. Tanah itu dibentuk dengan ukuran tertentu kemudian dibakar dengan suhu tinggi. Setelah proses tersebut kemudian diberi glaze atau bahan mengkilap.

Sementara pembuatan granit terdiri dari proses penekanan atau pressing dan pembakaran dengan suhu tinggi hingga membentuk lembaran granit.

Harga

Perpedaan terakhir adalah dari harga. Biasanya untuk keramik dengan ukuran 30 x 30 dengan kualitas standar dimulai dari harga 50 ribu rupiah. Sementara harga granit untuk ukuran 60 x 60 mempunyai harga pada kisaran 200 ribu rupiah.

Nah, seperti itulah perbedaan antara granit dan keramik. Semoga dengan ulasan ini anda bisa membedakan dan tidak tertukar ketika akan membelinya.

baca juga: Manfaat Memelihara Jenggot Untuk Kesehatan Pria

baca juga: Arti Mimpi Bertemu Teman Lama, Banyak Hal Baik yang Akan Didapatkan

Gilang Candra

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.