23.6 C
Garut
Jumat, Oktober 18, 2024

Buy now

Kedai Menak Kang Nur, Tempatnya Minuman Herbal di Garut

GARUT – Bagi warga Kabupaten Garut yang ingin mencoba minuman berkelas dengan bahan herbal, sekarang ini bisa mengunjungi Kedai Menak Kang Nur di Jalan raya Cipanas no. 58, ruko Praja Graha Indah Kav 3, Desa Langensari, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

Kedai Menak Kang Nur, hadir dengan semangat untuk kembali mempopulerkan minuman herbal. Tak hanya membangun usaha dari sisi bisnis semata, namun kedai ini didirikan atas dasar untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan dan kembali kepada bahan alami.

” Optimisme untuk menghadirkan minuman sehat yang bersumber dari bahan alami, segar dan diminati masyarakat luas menjadi alasannya mendirikan kedai ini,” ujar kang Nur yang memiliki nama lengkap Nurholis Majid, Senin 20 November 2023 ketika ditemui di kedainya.

Kang Nur menceritakan, alasannya mengambil kata “menak” di kedainya bukanlah tanpa alasan.

Kata menak sendiri mempunyai arti secara etimologis yaitu keturunan darah biru atau ningrat. Kalangan menak inilah yang di zaman dahulu mempopulerkan minuman herbal sehingga merakyat hingga sekarang.

Awalnya minuman herbal ini dipandang sebagai minuman berkelas yang menjadi ciri khas dari kalangan menak tersebut. Minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah itu, dipandang sebagai minuman kelas atas.

Awalnya minuman ini memang asing di tengah masyarakat menengah ke bawah. Namun lambat laun minuman herbal menjadi merakyat dan dikenal luas oleh masyarakat.

” Kata menak secara etimologis adalah keturunan darah biru (ningrat). Yang memiliki pengaruh yang besar bagi masyarakatnya. Untuk menjaga kesehatan, para menak memiliki kebiasaan minum dari bahan-bahan alami seperti rempah-rempah, madu dan kopi (herbal). Namun minuman sehat tersebut terasa asing dan jarang dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Namun sayang kata kang Nur, di zaman sekarang ini, minuman herbal justru mulai ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia. Sekarang ini masyarakat justru lebih bangga dengan minuman ala Eropa yang justru mengandung bahan kimia dan secara kesehatan tentunya kurang baik bagi tubuh.

Oleh sebab itulah, kang Nur pun ingin kembali mempopulerkan minuman herbal. Ia bersama istrinya ingin menyadarkan masyarakat bahwa minuman herbal merupakan minuman berkelas dan manfaatnya tentu sangat baik untuk kesehatan.

Hal itu pula yang kemudian menginspirasi kang Nur mengambil kata Menak dan disematkan di kedainya. Seolah-olah ingin memberikan pesan bahwa minuman herbal adalah minuman berkelas dan disukai kalangan menak.

Bagi warga Kabupaten Garut yang ingin mencoba berbagai racikan minuman herbal, dipersilahkan untuk mengunjungi Kedai Menak Kang Nur. Di sini pengunjung juga bisa konsultasi seputar kesehatan. Pasalnya kang Nur juga pensiunan PNS yang lama bertugas di Dinas Kesehatan. Oleh sebab itu, Ia mengetahui seputar kesehatan. Terlebih lagi Ia juga mempunyai bisnis seputar obat herbal.

Dengan begitu, Kedai Menak Kang Nur, tak hanya jadi tempat tongkrongan yang nyaman, namun juga menjadi tempat berbagi ilmu seputar kesehatan.

baca juga: Status RSUD dr Slamet Garut Menjadi Organisasi dengan Perlakuan Khusus, Berada di Bawah Dinkes Garut

baca juga: Bupati Garut Lepas Kontingen Atlet Garut Mengikuti PORPEMDA Jawa Barat XV Tahun 2023

baca juga: Wabup Garut Minta Pembangunan Perumah Tidak Ganggu Lahan Sawah yang Dilindungi

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

Bircunewshttp://bircunews.com
Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.