19.8 C
Garut
Jumat, Oktober 18, 2024

Buy now

Tanda Mobil Matic Bermasalah, Segera Periksa Jika Terjadi Hal Ini

Tanda Mobil Matic Bermasalah – Transmisi mobil matic merupakan perkembangan teknologi otomotif yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Kita tidak perlu repot untuk mengganti gigi karena transmisi matic bekerja otomatis.

Untuk bisa mengendarai mobil matic dengan nyaman tentunya anda harus rutin melakukan service, agar tidak ada kendala.

Jangan menunggu timbul masalah baru anda periksakan mobil anda ke bengkel.

Jika anda merasakan ada yang tidak nyaman dari mobil anda hendaknya bawa segera untuk diperiksa.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa mobil matic anda mempunyai masalah dan perlu diservice.

Suara Mendengung

Jika anda mendengar suara mendengung yang tidak biasa, itu menunjukkan bahwa anda harus mengecek kondisi transmisi. Terlebih lagi jika ada suara mirip ketukan benda tumpul yang saling beradu.

Suara seperti itu biasanya muncul dari beberapa komponen transmisi yang saling berbenturan. Hal itu bisa terjadi karena mekanisme pergerakannya terhambat oleh kekurnagan dorongan oli transmisi.

Akselerasi Mobil Telat Respon

Jika anda menginjak pedal gas hingga terdengar suara menderu, tetapi mobil melaju seperti biasa tanpa adanya peningkatan kecepatan, itu menandakan ada masalah di bagian transmisi.

Masalah seperti ini membuat akselerasi mobil telat dalam merespon injakan pedal gas.

Penyebab masalah seperti ini kemungkinan karena drive plat kopling mobil anda sudah sangat tipis. Atau bisa juga karena kinerja bodu valve yang mulai melemah.

Mobil Terasa Beregetar

Jika mobil anda terasa bergetar, itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mobil matic hal itu menunjukkan ada masalah dalam transmisinya sehingga anda perlu mengeceknya secara mendalam.

Bisa jadi kampas kopling mulai aus sehingga membuat permukaannya tidak merata. Hal itu bisa membuat mobil terasa bergetar ketika sedang berjalan.
Normalnya mobil matic itu tidak mengeluarkan bunyi saat melaju. Tapi apabila ada bunyi yang kasar, itu menunjukkan ada komponen yang bermasalah.

Bau Terbakar

Jika ada bau terbakar hal itu menunjukkan bahwa transmisi mobil anda bermasalah karena mengalami overheating. Ketika terdapat bau terbakar, maka harus diberikan pelumas.

Fungsi pelumas sendiri tidak hanya untuk melancarkan gerakan komponen transmisi tapi juga menjaga suhu agar stabil.

Kebocoran Cairan Transmisi

Cairan transmisi matic berfungsi untuk menjaga kapabilitas pertukaran gear. Jika terjadi kebocoran, maka bisa menimbulkan masalah serius.

Cairan transmisi matic ini mempunyai ciri warna merah terang, bersih dan berbau agak manis. Apabila warnanya sudah gelap dan berbau terbakar, maka sudah waktunya diganti.

Seperti itulah tanda bahwa mobil matic bermasalah. Segera periksa ke bengkel apabila anda menemukan kendala seperti itu. Jangan sampai mobil anda mengalami rusak parah baru diperiksa.

baca juga: Perbedaan Granit dan Keramik, Jangan Sampai Tertukar

baca juga: Perusakan Instalasi Pipa PDAM Samarang, Kacab Minta Ada Efek Jera Terhadap Pelaku

baca juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil Sendiri di Rumah

Gilang Candra

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.