27 C
Garut
Minggu, Mei 19, 2024

Rempah Ala Warga Garut Ini Efektif Obati Asam Lambung

Bircunewshttp://bircunews.com
Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

Rempah ala warga Kabupaten Garut ini dikatakan efektif untuk mengobati penyakit asam lambung. Hal itu sudah dibuktikan langsung oleh ustadz Fahmi warga Kabupaten Garut yang juga menderita asam lambung.

Sebelum kita membahas apa itu rempah yang dimaksud, terlebih dahulu mari kita bahas apa sih penyakit asam lambung itu?.

Definisi Penyakit Asam Lambung

Mengutip dari Alodokter, penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal itu disebabkan karena otot LES yang posisinya di bagian bawah kerongkongan menjadi melemah. Padahal otot LES ini berfungsi untuk berkontraksi dan menutup saluran antara lambung dan kerongkongan setelah mekanan turun ke lambung.

Nah ketika otot LES melemah, maka antara kerongkongan dan lambung akan tetap terbuka. Hal itu menyebabkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Nah kondisi seperti inilah yang dinamakan juga dalam istilah medis dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Apa yang Terjadi Ketika Asam Lambung Naik ke Kerongkongan dan Mulut?

Gejala dan sensasi yang dirasakan ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan mulut, akan berbeda-beda tiap penderitanya. Namun kebanyakan kasus melaporkan bahwa ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan mulut akan dirasakan sensasi jantung berdebar-debar, rasa panas seperti terbakar di dada, sesak napas, badan lemas, ada rasa dingin yang menjalar di bagian punggung dari bawah ke atas, dan banyak lagi gejala yang dirasakan.

Walaupun gejala itu semua terkadang tidak dirasakan sekaligus secara bersamaan. Dan tiap penderita asam lambung akan merasakan sensasi yang berbeda-beda.

Mengutip dari beberapa sumber, dalam sebagian kasus penderita penyakit asam lambung juga disertai Peptic ulcer atau tukak lambung. Tukak lambung ini adalah luka atau ulkus pada lambung yang menimbulkan keluhan seperti perut kembung, nyeri ulu hati, dan mual. Luka ulkus ini juga disertai peradangan pada lapisan dinding lambung, tepatnya di area sekitar ulkus.

baca juga: Serangan Asam Lambung Kenapa Mirip dengan Serangan Jantung?

Peradangan karena terjadinya luka terbuka atau ulkus di bagian lapisan dinding lambung ini, bisa terjadi juga karena kuatnya efek cairan asam lambung. Hal itu juga karena lapisan lendir tebal yang melindungi dinding lambung ini produksinya berkurang. Maka kondisi ini bisa menyebabkan asam lambung merusak jaringan yang melapisi lambung. Akibatnya terjadi luka atau tukak lambung.

Rempah Ala Warga Garut untuk Mengobati Asam Lambung

Untuk mengobati penyakit asam lambung ini, anda bisa saja memeriksakan diri ke dokter. Namun sembari pengobatan secara medis, anda juga bisa mengobatinya dengan ramuan alami atau obat herbal dari rempah yang sangat mudah kita temukan.

baca juga: Kunyit Dicampur Garam Ternyata Punya Banyak Khasiat, Salah Satunya Obat Sembelit

Rempah ini dinilai manjur sekali mengobati dan mencegah asam lambung agar tidak kambuh lagi.

Diantara rempah yang dimaksud antara lain:

  1. Jahe
  2. Kunyit
  3. Serai (sereh)
  4. Kayu Manis
  5. bisa juga ditambah gula merah (gula aren)

Bagaimana Cara Mengolah Rempah Ini?

Untuk mengolahnya pun sangat sederhana sekali. Anda cukup merebusnya dan meminum air rebusan rempah tersebut.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan dulu semua rempah dengan air bersih setelah dibuang kulitnya.
  2. Siapkan satu batang serai (sereh), kayu manis sebesar jari telunjuk, kemudian kunyit bagian bonggolnya, dan sebutir jahe. Untuk berapa jumlahnya anda bisa mengira-ngira saja secukupnya. Tidak ada patokan pasti untuk berapa banyak jumlahnya.
  3. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan air putih. Takarannya pun bisa dikira-kira. Misalnya empat gelas air direbus hingga menyisakan dua gelas.
  4. Anda bisa menambahkan gula aren juga bisa tidak menambahkannya. Karena gula aren ini hanya berfungsi agar pemanis saja atau supaya tidak pahit.
  5. Setelah itu minum selagi hangat atau bisa juga diminum ketika dingin.

baca juga: Daun Katuk Bisa Mencegah Sembelit, Banyak Lagi Khasiat Lain, Simak di Sini

Jika anda rutin mengonsumsi ramuan rempah tersebut, insyaa Allah penyakit asam lambung akan sembuh. Hal ini sudah dibuktikan langsung oleh warga Kabupaten Garut, yaitu ustadz Fahmi.

Demikian penjelasan Rempah Ala Warga Garut Ini Efektif Obati Asam Lambung. Semoga informasi ini bermanfaat.(bircunews.com)

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.