22.5 C
Garut
Rabu, Mei 22, 2024

Kunyit Dicampur Garam Ternyata Punya Banyak Khasiat, Salah Satunya Obat Sembelit

Bircunewshttp://bircunews.com
Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

Kunyit dicampur garam ternyata punya banyak khasiat, salah satunya obat sembeli. Tak hanya itu, rupanya banyak khasiat lain ketika campuran kunyit dengan garam dikonsumsi.

Lantas apa saja khasiat kunyit dicampur garam? baik mari kita bahas satu per satu, apa saja manfaat rempah tradisional khas Indonesia ini.

Melansir halodoc, Kunyit disebut mempunyai kurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa dan lemak. Di dalam kunyit juga mengandung antioksidan dan vitamin C, fosfor, kalsium dan minyak atsiri. Kandungan tersebut akan menjadi senyawa yang sangat bermanfaat jika dicampur dengan garam.

Adapun untuk garam, merupakan kumpulan senyawa yang mengandung natrium klorida. Selain itu di dalam garam juga terdapat senyawa lain seperti magnesium klorida, magnesium sulfat dan kalsium klorida.

Berbagai kandungan senyawa di dalam garam itu efektif membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Nah, jika kunyit dicampur dengan garam, maka khasiatnya dapat menyembuhkan diabetes, batuk, radang tenggorokan bahkan menyembuhkan sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Kenapa bisa demikian? baik mari kita simak penjelasannya:

Menyembuhkan Sembelit

Sembelit atau dalam istilah medis disebut konstipasi, adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulit buang air besar (BAB), atau penurunan frekuensi BAB.

Sembelit ini umumnya dipicu oleh pola makan yang tidak sehat dan minimnya mengonsumsi serat.

Nah, untuk menyembuhkan sembelit, kita bisa meminum air rebusan kunyit dicampur dengan garam. Caranya geprek kunyit sebesar ibu jari dan campur dengan air panas serta sejumput garam. Lalu rebus selama 5 menit dan minum air rebusannya itu.

Menyembuhkan Asam Lambung

Perlu kita ketahui bahwa penderita asam lambung kerap kali mempunyai komplikasi dengan penyakit lain, yaitu sembelit (susah BAB). Jadi campuran kunyit dan garam ini rupanya bisa menyembuhkan dua penyakit ini secara satu paket. Luar biasa bukan?

Perlu kita ketahui bahwa asam lambung itu bisa terjadi akibat lemahnya otot kerongkongan bagian bawah (otot LES). Dimana, seharusnya otot ini secara otomatis menutup saluran kerongkongan setelah makan turun ke lambung.

baca juga: Daun Katuk Bisa Mencegah Sembelit, Banyak Lagi Khasiat Lain, Simak di Sini

Namun ketika otot LES ini lemah, maka kerongkongan akan tetap terbuka. Akibatnya asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan. Inilah yang kita namakan asam lambung naik.

Maka untuk mencegah kondisi tersebut, kita bisa mengonsumsi air rebusan kunyit dicampur dengan sejumput garam.

Mengobati Diabetes

Jika kita mendengar diabetes, rasa-rasanya akan sangat menyeramkan bukan. Banyak sekali kita mendengar cerita mengerikan tentang penyakit yang satu ini.

Kabar baiknya, penyakit berat ini bisa diobati dengan campuran kunyit dan garam. Hal itu karena kandungan kurkumin di dalam air rebusan kunyit, dipercaya efektif mencegah pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.

Caranya adalah, pertama siapkan kunyit sebesar ibu jari. Kemudian parut dan rebus sampai mendidih. Setelah itu kita tambahkan sejumput garam, lalu minum air tersebut.

Mengobati Batuk

Campuran kunyit dan garam juga dipercaya efektif menyembuhkan batuk. Hal itu karena campuran kunyit dan garam bersifat antiradang dan antibakteri.

Caranya adalah dengan menyeduh sejumput garam dicampur dengan kunyit dan jahe. Lalu minum air campuran ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Mengobati Radang Tenggorokan

Campuran kunyit dan garam juga efektif mengobati radang tenggorokan yang ditandai dengan rasa sakit, gatal dan tidak nyaman atau sensasi kering di tenggorokan, terutam ketika kita makan dan minum.

Gangguan radang tenggorokan ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus.

Nah, untuk mengobati radang tenggorokan seperti ini, bisa dengan campuran kunyit dan garam.

Caranya adalah seduh parutan kunyit, sejumput garam dan air hangat. Kemudian anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis, dan minum air seduhan tersebut. Anda bisa meminumnya beberapa kali hingga radang tenggorokan tersebut benar-benar sembuh.

baca juga: Situs Bicolink Persingkat Link, Bisa Menghasilkan Uang

Mengobati Demam

Demam pada dasarnya adalah suatu reaksi dari sistem kekebalan tubuh kita ketika melawan patogen seperti kuman, virus, atau bakteri penyebab penyakit.

Efek lain dari demam ini terkadang juga memicu flu, radang tenggorokan dan infeksi saluran kemih.

Nah, untuk menyembuhkan demam dan gejala tersebut, kita bisa memarut kunyit dan menambahkan sedikit air panas. Lalu peras campuran air tersebut lalu campurkan sejumput garam, madu dan kuning telur.

baca juga: Dapatkan Cuan dari Situs Penghasil Uang Google Adsense

baca juga: Dodol Garut Kuliner yang Mendunia, Ciri Khasnya Seperti Ini

Melancarkan Menstruasi

Air rebusan kunyit juga efektif untuk memperlancar menstruasi. Caranya adalah dengan menyiapkan 2 rimpang kunyit, setengah sendok teh ketumbar, biji pala, setengah genggam daun sri gading dan sejumput garam.

Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, lalu rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Setelah itu saring dan minum satu gelas per hari secara rutin.

Anda bisa meminum air rebusan campuran kunyit dan garam itu secara rutin selama beberapa minggu.

Demikian khasiat dari campuran kunyit dengan garam. Rupanya campuran dua bahan ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk sembelit saja tapi banyak penyakit lain yang bisa disembuhkan.(bircunews.com)

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.