23.6 C
Garut
Jumat, Oktober 18, 2024

Buy now

Desa di Kecamatan Kersamanah Sudah Laksanakan Program Harum Madu

GARUT – Program Halaman Bermanfaat Terpadu (Harum Madu) yang digalakkan Bupati Garut melalui desa sudah dijalankan di Kecamatan Kersamanah.

Harum Madu merupakan program memanfaatkan pekarangan untuk ditanami dengan berbagai tanmaan sayuran, dan pangan untuk kebutuhan masyarakat.

Enam desa di Kecamatan Kersamanah sudah melaksanakan program tersebut.

Camat Kersamanah Muhrom Suhandi menerangkan, program Harum Madu sangat bermanfaat di 6 desa yang melaksanakan program ini.

“Alhamdulilah semua Desa di Kecamatan Kersamanah sudah merealisasikan dan melaksanakan kegiatan program Harum Madu,”Ujar Muhrom Suhandi Rabu 12 Juli 2023.

Untuk bibit tanaman yang ada di Harum Madu, semua desa di Kersamanah membagikan kepada tiap RW yang ada.

“Ada juga yang di sentralkan tiap Rw , dan kalau untuk di halaman Desa Demplot Harum Madu ada di Desa Mekaraya dan fokus di satu Desanya itu tingkat Desa ada juga di tingkat Rw nya juga ada,”Ucapnya.

“Kalau di Kecamatan Kersamanah setiap Desa Menganggarkan 50 juta per Desa dari anggaran Dana Desa dan anggaran segitu kegiatannya membikin demplot , benih , dan pelatihan,”Ungkapnya.

Camat mengungkapkan program Harum Madu ini manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Bahkan ada warga yang bisa memberikan oleh-oleh bagi keluarganya yang berkunjung dari kota.

“Contoh waktu kami melaksanakan monitor ke Desa Girijaya warga yang berkunjung saling berkunjung ke rumah itu mereka bisa membahani kepada warga yang akan berangkat ke kota,”Katanya.

BACA JUGA: TP PKK Kecamatan Cigedug Gelar Lomba Senam Harum Madu

Dengan program ini kata Camat, juga bisa menekan inflasi dan kerawanan pangan di tengah masyarakat. Sehingga secara ekonomi, program ini imbasnya sangat besar.(atu)

BACA JUGA: Mantan Kades Sukanagara Garut Jadi DPO, Dipanggil Kejari Tak Mau Datang

Gilang Candra

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.