33.1 C
Garut
Sabtu, September 7, 2024

Buy now

Kabupaten Garut Akan Jalin Kerjasama Ekonomi dengan Turki dan Negara Eropa Lainnya

GARUT – Kabupaten Garut menjajaki kerja sama dengan Turki dan juga Mesir dengan skema imbal dagang atau barter bisnis ke bisnis (b to b).

Pemkab Garut menerima rombongan konsultan Prio 5 dipimpin founder-nya Sezer Işık, Selasa 6 Juni 2023. Sedangkan dari negara Mesir dipimpin Prof.Dr. Khalid Saad Mohamed Elsamouli selaku Penasehat AKAD – Istanbul dan Komisaris PT. MANJADDA- BANDUNG.

Rombongan tersebut diterima Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Garut, Teti Sarifeni, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Agus Ismail dan Jajaran lainnya, di Ruang Kerja Wabup.

Menurut Kepala Disperindag ESDM Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, membenarkan perihal kunjungan rombongan ini untuk kerja sama skema imbal dagang atau barter bisnis ke bisnis (b to b).

Adapun potensi yang bisa digarap dalam kerja sama ini meliputi tekstil, komoditas pertanian, pariwisata dan komoditas unggulan lainnya, selain rencana investasi negaranya di Kabupaten Garut.

Nantinya hasil dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti bersama pelaku usaha Negara Turki pada tiga bulan ke depan.

“Direncanakan tiga bulan yang akan datang akan kembali lagi dengan membawa serta para pelaku usaha dari masing-masing negara (dari Turki dan Mesir),” ujar Ridwan.

Dalam kesempatan itu, rombongan didampingi Kadisperindag ESDM juga berkesempatan melihat industri rajut dan penyamakan kulit di sentra kulit Sukaregang dan melakukan diskusi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut.

“Ini merupakan upaya terobosan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kerja sama imbal dagang sebagai suatu strategi baru peningkatan ekspor,” kata Ridwan Effendi – Kadisperindag ESDM Kabupaten Garut, Rabu (07/06/2023).

Ridwan menerangkan, rombongan dari Turki dan Mesir ini sangat antusias dan memperlihatkan keseriusannya untuk kerja sama di Kabupaten Garut. Begitupun Pemkab Gaut juga menyambut baik rencana kerja sama ini.

Wakil Bupati Garut juga menyambut baik sekaligus mengarahkan kepada SKPD terkait untuk menindaklanjuti dan mempersiapkan semua peluang kerja sama dengan Turki terutama dengan pelaku bisnisnya antara b to b (business to business) dan g to b (government to business).

“Mereka (Turki) juga akan menyertakan pebisnis dari negara Mesir dan negara lainnya untuk datang ke sini, karena mereka sendiri memiliki channeling dengan negara lainnya di Eropa,” tutur Ridwan.

Ia berharap peluang ini bisa ditangkap oleh Pemkab dan pelaku usaha di Garut, termasuk dengan pihak Kadin (Kamar Dagang dan Industri).

Beberpa produk unggulan Garut yang tampaknya diminati oleh rombongan ini antara lain, kulit, kopi, komoditas pertanian lainnya, pakaian jadi (batik, sutra, rajut) dan tidak ketinggalan produk dari bambu sebagai produk pengganti plastik dan logam yang ramah lingkungan dan mulai banyak diminati di negara-negara Eropa juga Afrika.

Kerja sama imbal dagang ini diharapkan bisa menjadi kerja sama yang implementatif bagi kedua belah pihak, dan menjadi salah satu opsi bagi kedua belah pihak pelaku usaha di tengah kondisi perekonomian dunia pasca masa pandemi.

baca juga: Antisipasi Kekeringan, Pemkab Garut Gelar Rakor bersama BMKG dan BPBD Jabar

baca juga: Cara Mencoret Tulisan di Excel Bisa Dilakukan dengan Mudah

baca juga: GAWAT Adukan Pemotongan PIP Aspirasi di Komisi IV DPRD Garut

Gilang Candra

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.