26.4 C
Garut
Jumat, Oktober 18, 2024

Buy now

Ketua DPC PDIP Garut Mengajak Warga Donor Darah Bantu Penderita Thalassemia

GARUT – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan mengadakan donor darah di kantor DPC jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Sabtu 6 Juli 2024.

Yudha Puja Turnawan mengatakan, donor darah yang digelarnya hari ini adalah untuk membantu penderita Thalassemia yang sekarang ini tengah kekosongan stok darah di PMI.

Acara ini kata Yudha sebetulnya spontan dilakukan, karena dia mendapatkan kabar dari salah satu orang tua penderita Thalassemia yang terlambat mengikuti jadwal transfusi darah. Sementara di PMI sendiri rupanya stok darah tengah kosong empat hari ke belakang ini.

Oleh sebab itu kata Yudha, donor darah hari ini merupakan gerakan spontanitas dan sangat urgent untuk membantu penderita Thalassemia.

Dimana kata Yudha, penderita Thalassemia ini adalah kalangan yang rutin membutuhkan transfusi darah setiap bulannya. Apabila tidak mendapat transfusi darah, mereka bis kehilangan nyawa.

“Ya ini mendadak ya, awalnya 5 juli jumat pagi saya dapat WA dari ibu Ani warga Kampung Bojongsari, Desa Cikedokan Kecamatan Bayongbong yang anaknya satu tahun menderita Thalassemia dan sudah telat jadwal tranfusi rutinnya, karena talaesemia kan harus transfusi rutin,” ujarnya.

” Anaknya matanya sudah pucat, tidak koordinasi ke PMI, ternyata stok labu darah semua golongan darah kosong sudah empat hari,” sambung Yudha.

“Alhamdulillah kemarin saya alhamdulillah rekan-rekan PAC golongan darah B plus bisa donor dan ditransfusikan ke adik Akbar. Dari situ saya bicara ke PMI saya gelar donor darah di DPC PDI,” ujarnya.

Karena itulah Yudha pun mengetuk hari seluruh warga Garut yang sehat untuk sukarela mendonorkan darahnya di PMI. Karena kebutuhan darah bagi penderita Thalassemia yang kurang lebih sebanyak 1000 orang di Kabupaten Garut ini sangat dibutuhkan.

“Harapan saya, warga Garut yang sehat, kita memiliki jumlah penduduk 2,7 juta jiwa untuk berkenan donor darah karena memang dibutuhkan, bukan hanya untuk penderita Thalassemia tapi kebutuhan operasi di berbagai faskes di rumah sakit,” ujarnya.

” Setetes darah kita menyelamatkan nyawa manusia,” ujar Yudha.

Sediakan Doorprize Memancing Antusiasme Warga

Yudha pada hari ini juga menyediakan doorprize mesin cuci dan peralatan masak lainnya untuk mengundang antusiasme warga. Ia rela mengeluarkan uang pribadi untuk kegiatan kemanusiaan ini.

Namun demikian, menurut Yudha, jangan hanya memandang doorprizenya, namun yang terpenting dari donor darah ini adalah meniatkan membantu mereka yang membutuhkan darah terutama penderita thalassemia.

Dalam donor darah ini, banyak warga yang berbondong-bondong datang, termasuk kalangan jurnalis juga mengikuti donor darah. Ketua Perindo juga tampak hadir mendonorkan darahnya di DPC PDIP Garut itu.

Yudha berterima kasih kepada semua pihak yang pada hari ini telah antusias mendonorkan darahnya.(gilang)

Gilang Candra

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.