22.5 C
Garut
Rabu, Mei 22, 2024

Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung, Fakta Atau Hoaks?

Bircunewshttp://bircunews.com
Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari bagi penderita asam lambung.

Berikut kami rangkum dari channel YouTube @Hidup Sehat TVOne. Di acara tersebut menghadirkan dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK spesialis Gizi Klinik.

dr. Ida ditanya beberapa jenis makanan yang sering dikatakan kurang baik terhadap penderita asam lambung. Dan juga beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Berikut ini penjelasannya:

1. Roti

Yang pertama adalah roti. Selama ini roti dikatakan tidak baik untuk penderita asam lambung. dr. Ida menyebut bahwa itu adalah fakta.

Namun perlu dipahami bahwa masalahnya sebetulnya bukan pada rotinya. Tapi ada pada ragi. Karena roti kebanyakan dibuat menggunakan ragi, terutama oleh warga Indonesia. Tujuannya agar roti itu mengembang dan lain sebagainya.

Nah, ragi itulah yang sebetulnya akan menimbulkan masalah di lambung. Karena ketika ragi berada di lambung, maka akan terjadi proses fermentasi. Dan salah satu produk dari fermentasi adalah alkohol.

” Dan alkohol inilah yang sering kali menimbulkan gangguan pada lambung kita,” ujar dr. Ida.

Dengan kata lain lanjut dr. Ida, apabila roti yang kita konsumsu tidak menggunakan ragi dalam pembuatannya, maka roti itu boleh-boleh saja dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

baca juga: Hubungan Asam Lambung, GERD dan Anxiety, Jantung Berdebar-debar

2. Susu

Banyak kasus orang Indonesia yang mengalami intoleransi laktosa. Laktosa merupakan gula alami yang terkandug dalam susu.

Menurut dr. Ida kasus intoleransi terhadap laktosa ini memang mirip dengan penderita maag atau asam lambung. Mereka akan merasakan tidak nyaman di bagian lambung setelah mengonsumsi susu. Padahal menurut dr. Ida, itu bukanlah maag atau asam lambung, melainkan intoleransi laktosa.

Kasus intoleransi laktosa di Indonesia menurut dr. Ida mencapai 90 persen dan itu tinggi sekali.

Jika memang seseorang tersebut mengonsumsi susu secara berlebihan dan terjadi gejala tidak nyaman seperti itu, maka sebaiknya hindari dulu mengonsumsi susu.

Dengan demikian, menurut dr. Ida, khusus bagi penderita maag atau asam lambung, sebetulnya tidak masalah mengonsumsi susu. Karena sebetulnya mereka yang tidak nyaman setelah mengonsumsi susu adalah karena kasus intoleransi laktosa.

Dan bagi mereka yang menderita seperti itu, jika pun ingin minum susu, maka carilah susu yang free lactose atau low lactose.

baca juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Obat Asam Lambung, Begini Faktanya

3. Kunyit

Selama ini kunyit kerap dikatakan bermanfaat untuk mengatasi masalah asam lambung. dr. Ida menyebut bahwa hal itu adalah fakta.

Menurut dr. Ida, dari penelitian terhadap sel usus di laboratorium yang diberi asam lambung dan juga kunyit, ternyata kunyit terbukti mampu memperbaiki sel tersebut.

Hal inilah yang menjadi dasar bahwa kunyit baik untuk penderita maag atau asam lambug.

baca juga: Manfaat Jahe untuk Mengobati Asam Lambung, Begini Faktanya

4. Nasi lembek atau nasi tim

Banyak yang mengatakan bahwa penderita maag atau asam lambung, sebaiknya mengonsumsi nasi lembek atau nasi tim atau bahkan bubur.

Menurut dr. Ida, hal ini sebetulnya benar karena bagi penderita maag atau asam lambung, mereka memerlukan makanan yang lebih halus sehingga kerja dari lambung itu tidak berat.

Hal ini memungkinkan kerja lambung menjadi ringan sehingga lambung tidak mengeluarkan asam lambung berlebih untuk mencerna makanan.

Jadi dengan begitu, menurut dr. Ida, sebetulnya makan nasi biasa pun boleh-boleh saja dan tidak mesti nasi lembek. Yang terpenting adalah cara mengunyahnya yang harus sampai halus.

Jika yang dikonsumsi adalah nasi biasa, maka kunyah makanan itu minimal 30 kali mengunyah ketika di mulut.

Namun masalahnya, banyak orang yang mungkin malas mengunyah makanan selama itu. Maka untuk kasus seperti itu baiknya memang makan nasi lembek atau bubur itu bagus bagi mereka.

5. Makanan berminyak atau berlemak

Makanan berminyak atau berlemak dikatakan tidak baik untuk penderita asam lambung atau maag. Menurut dr. Ida, ini juga fakta.

Makanan berminyak atau berlemak itu akan lebih lama berada di lambung. Akibatnya pengosongan lambung akan lebih lambat. Hal ini juga akan menimbulkan rasa kembung atau begah dan rasa kenyang yang lama.

6. Sayur berbunga seperti kol, brokoli dan kembang kol

Sayur berunga seperti kol, brokoli dan kembang kol dikatakan tidak baik untuk penderita maag atau asam lambung. Menurut dr. Ida, hal ini juga fakta.

Sayuran berunga seperti ini menurutnya akan menimbulkan gas di dalam lambung. Dan inilah yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung karena akan terasa kembung dan begah.

7. Sayur umbi-umbian dan nangka

Sayur umbi-umbian seperti lobak, ubi jalar (huwi), kemudian talas, dan nangka, juga dikatakan tidak baik dikonsumsi oleh penderita maag atau asam lambung. Hal ini menurut dr. Ida juga fakta.

Menurutnya sayur umbi-umbian dan juga nangka, sebetulnya sama saja dengan sayuran berbunga seperti kol. Karena sayuran jenis ini akan menimbulkan produksi gas berlebih di dalam lambung.

Jadi ketika dikonsumsi oleh penderita maag atau asam lambung, maka sayuran jenis ini akan menyebabkan produksi gas berlebih dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

8. Ketan

Selama ini ketan juga dikatakan kurang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung atau maag. Menurut dr. Ida, hal ini juga fakta.

Ketan ketika dikonsumsi dan masuk lambung dia akan membutuhkan enzim yang lebih banyak untuk bisa dicerna. Hal ini akan membuat kerja lambug menjadi ekstra atau melelahkan untuk memecah ketan.

9. Makanan Pedas

Makanan pedas dikatakan tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam lambug atau maag. dr. Ida mengatakan bahwa hal itu fakta.

Menurutnya, makanan pedas dari cabe atau lada, termasuk juga makanan asam seperti cuka, itu adalah makanan yang dapat merangsang asam lambung.

Oleh karena itu makanan pedas termasuk yang wajib dihindari bagi penderita asam lambung atau maag.

10. Mie

Mie selama ini dikatakan tidak baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung atau maag.

Menurut dr. Ida, sebetulnya dalam hal ini yang bermasalah adalah dari proses pembuatan mie itu sendiri. Karena banyak zaman dulu yang memproduksi mie kemudian direndam dalam air abu.

Nah air abu inilah yang menurutnya akan menimbulkan masalah di lambung. Karena air abu itu sifatnya asam.

Jadi sebetulnya ketika proses pembuatan mie tidak menggunakan air abu, maka boleh-boleh saja dikonsumsi oleh penderita asam lambung atau maag.

Seperti itulah penjelasan dr. Ida mengenai beberapa pertanyaan tentang jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. dr. Ida juga menyarankan bahwa bagi penderita asam lambung, asupan gizi harus seimbang. Dia juga menyarankan bagi penderita asam lambug hendaklah makan sedikit-sedikit tapi sering. Jangan sekaligus dalam jumlah yang banyak.

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Bircunews

Bircunews.com merupakan perusahaan media. Bircunews.com hadir untuk memberikan informasi yang berimbang, informatif, edukatif, yang sesuai dengan pedoman undang-undang pers no 40 tahun 1999.