Site icon Bircunews

Ribuan Santri di Cigedug Ikuti Upacara Hari Santri Nasional

upacara Hari Santri Nasional di Cigedug

GARUT – Seribuan lebih santri se-Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, mengikuti dengan khidmat Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Sukahurip Kecamatan Cigedug pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Camat Cigedug Drs. H. Suhud Suhudiah, M.Si dan Komandan Upacara oleh Ahmad Nurdin dari Banser GP Anshor Kecamatan Cigedug.

Tampak hadir lima Kepala Desa, Kapolsubsektor, Danposmil, Ketua MUI, Pimpinan Organisasi Keagamaan (Ormas) Islam, Para Kepala UPT/UPTD, KUA, Korwil Pendidikan, Para Tenaga Pendamping Profesional, Kepala Satuan pendidik, Organisasi Profesi dan Para Pimpinan Pondok Pesantren se-Kecamatan Cigedug.

baca juga: Pemkab Garut akan Validasi Penerima PKH, Diharapkan Bisa Turun

Camat Cigedug, Drs. H, Suhud Suhudiah, M.SI mengaku terharu dan bangga dengan antusiasme dari pondok pesantren yang ada di Kecamatan Cigedug.

“ Mereka berbondong-bondong datang ke lapang upacara, dengan pawai jalan kaki ataupun menggunakan mobil bak terbuka, untuk mengikuti upacara hari santri. Ini suatu hal yang luar biasa dan membanggakan,” ujarnya.

“ Semoga kekompakkan para santri dan pondok pesantren bersama kami yang ada di pemerintahan baik pemerintahan desa, instansi tingkat kecamatan hari ini merupakan Langkah awal kebangkitan kecamatan Cigedug untuk membangun Cigedug sebagai kecamatan yang maju, agamis dan sejahtera. Sebab jihad santri hari ini berjuang dengan pikiran, tenaga dan dedikasinya mengisi kemerdekaan sehingga negeri ini menjadi jaya,” ujar Suhud.

baca juga: Upacara Hari Santri Nasional Terakhir, Bupati Garut Sampaikan Ini

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua MUI, K. H. Idhang Busrol Karim yang juga merupakan pimpinan pondok pesantren Ma’aruful Hidayah, mengungkapkan kebanggaannya dengan upacara hari santri yang digelar di lapang bola sukahurip.

“ ini merupakan yang pertama dalam sejarah kecamatan Cigedug. Di awal kepemimpinan Pak Suhud mampu merangkul semua elemen termasuk kami para kyai dipondok pesantren. Merupakan kebanggaan kami diangkeun (diaku) oleh Pak Camat, Pak sekmat dan jajaran. Semoga kedekatan ini menjadi spirit untuk Kecamatan Cigedug lebih maju lagi,” katanya.

Begitu juga Ketua Pokja Paskibra Kecamatan Cigedug, Wahid Hasim. Dirinya tidak menyangka kalau upacara akan segebyar ini bahkan lebih gebyar dari upacara HUT RI kemarin.

“ Awalnya kami ragu mengenakan sarung untuk pengibaran bendera, tetapi setelah dicoba, ternyata lancar dan menjadi kebanggan kami bisa mempersembahkan yang terbaik untuk para santri di kecamatan Cigedug dengan kesuksesan pengibaran bendera,” ujarnya.

baca juga: Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Nunung Komalasari

Exit mobile version