Site icon Bircunews

Upacara Hari Santri Nasional Terakhir, Bupati Garut Sampaikan Ini

Bupati Garut jadi inspektur upacara hari santri nasional

GARUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Garut, Ahad 22 Oktober 2023.

Peringatan hari santri ini dipusatkan di alun-alun Garut atau lapang Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Garut Kota.

Bupati Garut Rudy Gunawan menjadi inspektur upacara. sementara komandan upacara oleh Iwan Nurmansyah dari organisasi pemuda muslim.

Tema hari santri tahun ini yaitu ” Jihad Santri Jayakan Negeri”. Dalam perayaan tahun ini juga dihadiri oleh Forkopimda Garut, Sekda Garut, Ketua MUI, para pimpinan ponpes dan organisasi keagamaan.

Ribuan peserta tampak memadati alun-alun Garut. Tampak pula pegawai SKPD di Kabupaten Garut.

Sementara itu untuk pengibaran bendera dilakukan oleh siswa dari madrasah Aliyah Negeri 1 Garut.

Bupati Garut Rudy Gunawan tampak memakai kopeah hitam dengan baju koko berbalus jas seirama dengan sarung warna coklat bergaris biru dan beralaskan sandal sepatu.

Sementara di tempat berbeda, upacara hari santri juga dilakukan oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di alun-alun Tarogong Kaler dihadiri Forkopimcam dan tokoh agama.

Bupati Garut Rudy Gunawan menekankan bahwa peringatan hari santri ini tidak hanya dirayakan di alun-alun Garut saja, tapi di ribuan ponpes.

Rudy menyoroti pentingnya hari santri sebagai momentum bagi umat muslim untuk berkomitmen menjadikan Alquran dan sunnah Rasulullah sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Rudy Gunawan juga menekankan bahwa hari santri merupakan komitmen, terutama bagi para santri muda, untuk meningkatkan ketakwaannya dan menjadi teladan bagi pemuda lain. Terutama dalam mencapai Indonesia emas pada tahun 2045.

“Tentu kita semua berharap dengan momentum Hari Santri ini ada kebangkitan semangat kita untuk berakhlakulkarimah, menginstrospeksi diri, dan tentu kita melakukan taubat terhadap kesalahan-kesalahan kita semua,” tandasnya.

Dalam momen ini Rudy Gunawan juga berpamitan kepada warga Garut karena masa jabatannya hampir habis. Upacara hari santri tahun ini merupakan yang terakhir kalinya digelar Rudy Gunawan.

Rudy juga meminta maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan selama memimpin.

“Semoga ke depan kita mendapatkan pemimpin yang jauh lebih baik, segalanya, demi kejayaan Kabupaten Garut dan Indonesia,” pungkasnya.

Sementara, Wabup dr. Helmi Budiman, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia, di mana tema HSN Tahun 2023 “Jihad Santri Jayakan Negeri”, memiliki makna yang mendalam. Kata “Jihad” dalam Islam, bukan sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

baca juga: Rumah Emak Pipin Roboh Akibat Gempa, Yudha Puja Turnawan Bersama BPBD Menengok ke Desa Situsari Cisurupan

baca juga: Akhirnya Kota Garut Turun Hujan Lebat

HSN ini sendiri, kata Wabup Garut, merupakan momentum untuk merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan, yang dapat menjadu motor penggerak kemajuan bangsa.

“Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi bertanggungjawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari,” tandasnya.

Nunung Komalasari

Exit mobile version